KECERDASAN BUATAN (ARTIFICIAL INTELLIGENCE) Pada Permainan Framer Solution
1.
Aplikasi
Aplikasi Kecerdasan buatan ini bernama Framer Solution. Aplikasi permainan ini cara memainkannya cukup mudah. Caranya dengan mencari jalan keluar seorang Farmer yaitu Petani. Yang memiliki perahu, kambing, serigala dan sayuran. Petani tersebut ingin membawa muatan tersebut untuk menyeberang ke Pulau B. Karena posisi petani bermula di pulau A dan ingin menyeberang ke Pulau B.
Sedangkan pada permainan ini memiliki aturan yang tidak begitu saja dapat menyeberangkan dalam sekali muatan saja.Aturannya sebagai berikut: Petani hanya bisa membawa 1 muatan saja.
Misal petani bersama sayuran, jangan satungan Objek yang dapat saling memakan.Misal Kambing dengan sayuran hal tersebut tidak berlaku karena kambing dapat memakan sayur.3. Serigala dengan kambing. Jika disatukan dalam satu perahu atau satu tempat serigala dapat memakan kambing.
Permasalahannya, bagaiman menyelesaikan masalah Petani dengan membantu menyeberangkan bawaannya melalui sungai dengan keadaan selamat dan barang bawaan utuh sampai ke Pulau B.Tool dalam aplikasi ini yang harus dijalankan yaitu :
- Kambing menyeberang
- Serigala menyeberang
- Sayuran menyeberang
- Kambing kembali
- Serigala kembali
- Sayur kembali
- Perahu kembali
Seperti pada gambar dibawah ini
2.
Cara Menjalankan
Cara
menjalankan aplikasi Framer Solution cukup dengan menjalankan file .exe dari
Framer Solution. Tunggu beberapa saat maka aplikasi akan terbuka. Jalankan
permainan dengan perintah yang sudah ada. Cukup meng-klik nomor permainan pada
Framer Solution. Dan waktunya mencari solusi untuk mnyelesaikan permainan
Framer Solution.
Pada saat
menjalankan apllikasi ini akan terlihat dalam penggunaan pemikiran
masing-masing. Karena permaina ini membutuh kan trik-trik yang tidak terpikirkan
sebelumnya.Ingat aturan yang sudah ada. Jangan satukan objek yang dapat saling
memakan. Selesaikan permainan dengan aturan yang ada. Permaianan ini akan
membututhkan waktu dan pikiran tergantung si pemain. Jika dapat memahami aturan
yang sudah ada maka akan membutuhkan waktu yang sedikit untuk menyelesaikannya.
Tapi jika tidak memperhatikan aturan permainan
yang sudah tertera sebelumnya maka akan membutuhkan waktu yang cukup lama
bahkan mungkin akan mengulang-ngulang nomor yang akan di klik dan tentunya
tidak menemukan jalan keluar bagi si petani. Jika si pemain mungkin tidak
menemukan jawaban dalam solusi Framer Solution yang dijalankan maka aplikasi
ini memberikan solusi dalam menyelesaikan problem tersebut. Caranya dengan
meng-klik menu “ SOLUSI” pada frame sebelah kanan atas. Urutan-urutan dalam
menyelesaiakan masalah Framer Solution akan ditampilakan.Seperti pada gambar
berikut :
·
Menu permaianan
Menu permainan ini digunakan untuk
menentukan muatan mana yang akan diberangkatakan dahulu dengan ketentuan yang
sudah berlalu sebagai aturan
permainan.
·
.Menu Output
Menu Outpur
adalah menu dimana hasil dari menu permainan yang sudah dipilih pada
angka-angka yang digunakan untuk muatan yang diberangkatkan dengan tampil pada
output sehingga dapat digunakan sebagai acuan untuk memikurkan muatan yang akan
diberangkatkan selanjutnya
·
. Menu Solusi
Menu solusi
merupakan menu yang diberikan untuk pengguna yang tidak dapat menyelesaikan
permasalahan Framer Solution. Sehingga diberikan menu “ SOLUSI” yang berisi
urutan jawaban tentang solusi permaianan tersebut. Jika permainan
dijalankan misal dimulai dengan pemilihan angka satu, di klik maka outputnya
seperti pada gambar berikut. Dalam gambar tersebut jika permaianan dimulai
dengan meng-klik angka satu maka dapat dilihat pada kolom meu output nya akan
juga berubah sesuai dengan perintah yang dijalankan pengguna aplikasi dan
lanjutakan permainan untuk menyelesaikannya.
Ingat jalankan aplikasi sesuai aturan jika tidak maka jika salah langkah maka hasilnya akan sebagai berikut.
4. Fungsi
Fungsi dari permainan Framer Solution ini merupakan permainan untuk melatih otak dalam mengatur strategi yang baik dalam penyelesaian masalah. Fungsi dari aplikasi framer bertujuan untuk pengetesan IQ pada siswa maupun pengguna aplikasi ini.
Memberi kesempatan pada pengguna aplikasi untuk menggunakan jalan pikirannya pada aplikasi yang sangat sederhana tetapi membutuhkan taktik yang dibutuhkan untuk pemecahan masalah. Tidak seperti permainan game lain yang hanya ditujukan untuk memenangkan permainan tertentu dengan aturan yang sudah ada. Fungsinya juga menentukan sejauh mana pengguna dapat menyeselsaikan permainan dengan waktu nya sendiri. Untuk mentransformasikan pikiran yang kondisinya tidak stabil, menjadi mau berfikir dengan permainan yang kelihatan mudah dan gampang, dan juga dapat dijadikan sebagai bahan pendidikan dalam hal permainan.
5. Kegunaan
Guna dari aplikasi permainan Framer Solution ini memiliki peran dalam pemberdayaan masyarakat lewat AI (ARTIFICIAL INTELLIGENCE) khususnya bidang pendidikan dan pembelajaran edukatif melalui permainan. Disamping itu kegunaan dari aplikasi ini digunakan untuk pengembangan aplikasi-aplikasi yang akan datang yang memiliki kecerdasan buatan yang lebih canggih lagi.
Dalam permainan ini ditanamkan program yang memiliki pemilihan keputusan yang sudah diberi dalam perintah source coding. Yang memiliki tugas sebagai alur dalam permainan Framer Solution. Sehingga permainan memiliki alur yang dapat diikuti oleh pengguna. Selain itu kegunaan lain dari aplikasi ini adalah sebagai tolak ukur dalam bidang perkembangan ilmu tekhnologi dalam bidang AI yang dalam proses perkembangan aplikasi kecerdasan buatan yang semakin berkembang dalam segala bidang tidak hanya dalam bidang pendidikan tetapi juga pertanian. Kesehatan, ekonomi, maupun kemanan dan pertahan yang digunakan dalam negara.
6. Alat
Aplikasi yang digunakan untuk membuat Framer Solution:
1. Aplikasi Netbeans
2. Bahasa pemrogramannya adalah Java.
3.
Kekurangan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar